Kamis, 18 Oktober 2012

Segala penyakit itu pasti ada obatnya

Dari hadits riwayat Bukhari, bahwa Rasulullah bersabda,
ماأنزل اﷲ داءإﻻأنز ل له شفا ء ٠ ر و ا ه البخا ري٠
“Allah tidak akan menurunkan suatu penyakit, melainkan Dia menurunkan juga obat untuk penyakit itu “. (HR Bukhari ,10/134 no.5678).

Saudaraku, ingatlah selalu firman Allah yang artinya ,” Jika Allah menimpakan suatu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang menghilangkan selain Dia sendiri.Dan jika Dia mendatangkan kebaikan kepadamu, maka Dia Maha Kuasa atas tiap-tiapsesuatu ,” (Qs. Al- An’aam : 17). 

Jika kita yakin bahwa dunia ini tempat bagi segala kesulitan dan penderitaan, dan hina dihadapan Allah , niscaya kita akan bisa besrsabar terhadap segala penderitaan yang kita alami dan jiwa pun akan menjadi tenang. Saudaraku, yakinlah bahwa cobaan yang berupa penyakit ataupun hal-hal yang tidak disukai adalah merupakan bukti cinta Allah kepada hamba-Nya.

Sebagaimana Rasulullah bersabda, yang artinya , “ Sesungguhnya besarnya pahala sesuai dengan besarnya cobaan, dan sesungguhnya jika Allah mencintai suatu kaum niscaya Dia akanmencoba mereka.Maka barangsiapa yang ridha terhadap cobaan tersebut, baginya keridhaan allah, dan barangsiapa murka terhadap cobaan tersebut ,maka baginya murka Allah , “ (Hr Turmudzi dan Ibn Majah).

(Dari Anas ra, dikeluarkan At-turmidzi 4/519 no.2396. Ibnu hibban 2/1338 .no.4031.Hadits ini dianggap hasan oleh turmudzi dan Al-Albani dalam Shahih Sunan turmudzi 2/286.)

Wallahu a’lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar